jangan sepelekan pagar rumah


 

pagar rumah

Apakah Anda menganggap sepele keberadaan pagar rumah Anda? eits, mulai sekarang sebaiknya Anda memperhatikan ornamen rumah yang satu ini karena kehadirannya tidak hanya sebagai pembatas tetapi juga turut menunjang keindahan rumah.

Mungkin selama ini Anda mengetahui pagar hanya sebagai pengaman yang mencegah dan membatasi akses masuk orang ataupun sesuatu hal lain yang tidak kita inginkan. Hmmm…Anda salah, jika kita lihat pagar letaknya di depan rumah sudah tentu dong harus di buat memikat dan memiliki nilai tambah yang bisa mencuri perhatian siapapun yang lewat di depan rumah Anda.

Betul sekali, kalau pagarnya bagus dan menarik, maka akan membuat orang yang melihat langsung tertarik untuk melongok lebih jauh ke dalam, ke arah taman, dan rumahnya. Sedangkan jika pagarnya biasa saja atau kurang menarik, biasanya orang akan melihat sambil lalu saja. Kondisi pekarangan dan taman di dalamnya pun bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih pagar.

Desain pagar bisa mempertegas karakter pemiliknya jika didesain dengan tepat. Anda bisa coba merancang pagar sesuai dengan selera untuk menciptakan kesan yang pas yang sehingg kesan rumah dapat terpancar indah secara keseluruhan. Lalu bagaimana ya memilih desain pagar yang cocok dengan kondisi rumah sehingga tampak selaras? Ini nih…tipsnya!

  • Apabila taman Anda hanya dihiasi rerumputan atau tanah dengan tanaman seadanya, maka pemilihan pagar jenis yang rapat bisa menjadi satu trik untuk menutupi kekurangan taman tersebut.
  • Sesuaikan pagar dengan gaya rumah, Apakah rumah Anda bergaya country, modern minimalis, klasik, mediteran, atau mungkin mengikuti gaya etnik tertentu. Desain pagar sebaiknya masih satu tema dengan rancangan rumah sehingga pengembangan desain, bentuk, dan detail pagar juga akan mengikuti tema tersebut. Misalnya desain dari ornamen, pilihan warna, material utama, dan material tambahan tidak akan lari dari tema umum. Untuk minimalis, biasanya memakai bentuk-bentuk yang sederhana dan lurus-lurus tanpa banyak menggunakan permainan bentuk. Hanya menggunakan keragaman dan kombinasi tekstur dari material pembentuknya.
  • Selain itu, bentuk dan warna akan sangat membantu jika dipilih dengan benar. Untuk desain pagar minimalis biasanya hanya memakai pola-pola garis simetri, baik horizontal maupun vertikal yang sederhana atau kombinasinya. Sedangkan warnanya hanya menggunakan warna hitam, abu-abu, ataupun putih. Penggunaan warna hitam dan batu-batuan berwarna hitam akan memberikan kesan kuat dan gagah. Sedangkan warna batuan putih atau krem akan memberi kesan ringan. Demikian pula warna finishing kayu natural akan memberi kesan ringan, sementara warna dark brown atau coffee brown akan memunculkan kesan berat.

Umumnya, tren pagar sangat bervariasi sesuai dengan perkembangannya. Selamat memilih pagar!