Desain Warna Untuk Fasade


Setiap warna yang diaplikasikan pada fasade mampu memunculkan kesan serta suasana tertentu. Sehingga, warna dapat mempunyai daya tarik tersendiri dan mempengaruhi secara psikologis pada diri manusia.

Karenanya, untuk mendesain warna fasade perlu dipertimbangkan pilihan warna yang akan digunakan. Berikut adalah beberapa hal berkaitan dengan warna untuk fasade rumah:

alt  data-mce-

Pengaruh warna pada fasadedapat menimbulkan berbagai macam kesan bangunan, sebagai contoh warna dengan berkarakter lembut, nyaman, menarik dan romantis, seperti abu-abu, pink, oranye, dan ungu.

Warna dengan karakteristik memberikan kesan tenang dan damai bisa menciptakan kesan yang sejuk pada lingkungan sekitar, yaitu adanya perpaduan warna hijau dan biru tua.

Warna dengan karakteristik individual dan berani, yaitu warna merah termasuk dalam kategori ini, warna ini memiliki karakter yang berani, energi yang sangat tinggi, memberikan suatu kesan vitalitas yang tinggi, dan dapat memberikan kesan kepribadian yang kuat.

Warna dengan karakteristik warna ceria, yaitu warna kuning, warna ini merupakan warna terang yang memberikan kesan ceria dan hangat. Untuk menyeimbangi warna tersebut pada fasade bangunan dapat menggunakan warna putih atau krem.

Warna dengan karakteristik ringan, bebas, dan mudah, yaitu warna putih, atau warna alami (seperti warna kayu), warna ini adalah warna netral yang bisa difungsikan untuk mengkombinasikan berbagai karakteristik warna. Karakter yang terdapat pada warna putih adalah netral dan dapat memberi suasana ketenangan sertamengandung arti spiritual tersendiri.