Membuat taman gaya mediterania


taman gaya mediterania

Gaya ini sangat tepat jika dipakai pada taman atau halaman rumah-rumah yang bernuansa mediterania dengan warna-warna khasnya, seperti terakota, coklat, kuning, jingga, dan natural.

Gaya taman daerah timur tengah ini berkarakter kuat dan keras, di daerah aslinya, tanah halaman banyak yang ditutup dengan pengerasan menggunakan semen, batu-batuan atau terakota, hal ini mengingat kondisi tanah di daerah tersebut tidak terlalu subur.

Pemakaian tanaman dalam gaya mediterania kebanyakan diletakkan dalam pot-pot besar yang terbuat dari terakota dan batu alam.

Pilihan tanaman yang sesuai taman bergaya ini adalah jenis-jenis sukulen atau kaktus, palem dan perdu-perdu rendah seperti agave, lidah buaya, euphorbia, kalanchu, juga rumput-rumputan.

Jika hendak menggunakan tanaman hias berbunga, dapat memilih bugenvil atau alamanda sebagai tanaman merambat pada pergola atau balkon di depan jendela.

Bila menghendaki suara gemericik air, dapat dibuat mata air yang ditempatkan dalam jambangan besar atau gentong berlapis semen yang berfungsi seolah sebagai oase.

Suasana romantis serta dramatis pada malam hari boleh ditempatkan bangku di taman.

Lampu sorot oranye yang dipantulkan dari bawah melalui dinding yang kasar juga menambah suasana romantis.

Batang-batang pohon berjenis palem juga di ekspos dengan lampu sorot warna oranye dari bawah, menambah suasana mediteran.

Efek lain dari gaya mediteran adalah seperti dapat membuat taman memiliki dinamika dimensi yang sangat indah pada malam hari, dan pada siang hari akan mendapat perpaduan tanaman, batu, bangunan, dan pot yang unik serasa lain sambutannya.