The Sun Attack


Bila berlebihan dalam menikmati matahari, Anda akan berhadapan pada salah satu jenis virus penyakit yang paling mematikan.

Tak berlebihan sepertinya bila mengatakan bahwa Paris Hilton dan Nicole Richie adalah pahlawan bagi tren berkulit tanning yang sedang melanda para wanita di seluruh belahan dunia sekarang ini.
Bila berlebihan dalam menikmati matahari, Anda akan berhadapan pada salah satu jenis virus penyakit yang paling mematikan.

Tak berlebihan sepertinya bila mengatakan bahwa Paris Hilton dan Nicole Richie adalah pahlawan bagi tren berkulit tanning yang sedang melanda para wanita di seluruh belahan dunia sekarang ini. Semakin cokelat terbakar semakin seksi orang menilainya. Kulit yang kecokelatan walaupun terlihat sehat, bisa jadi pertanda kerusakan akibat sinar matahari. Berikut Hers akan membahas mengenai bahayanya sinar matahari bila Anda terlalu berlebihan dalam menikmatinya.

Melanin

Melanin merupakan suatu nama zat pada kulit, dengan fungsi memberikan pertahanan pertama terhadap sinar matahari. Karena, zat ini dapat menyerap sinar Ultra Violet (UV) yang berbahaya dan menimbulkan kerusakan pada kulit. Semakin gelap warna kulit seseorang, semakin banyak kulit memerlukan melanin. Berjemur dalam waktu yang lama membuat kulit berwarna kecokelatan, lalu untuk merespon sinar matahari yang berlebihan itu maka otomatis melanin pun akan meningkat. Menurut penelitian yang dilakukan di sebuah universitas di Florida menjelaskan, bahwa ketika kulit seseorang terbakar, berarti kulit mengalami peradangan. Sehingga kulit akan terasa hangat dan tampak merah. Pada kasus yang parah, kulit akan mengalami pengelupasan dan melepuh.

Pigmentasi

Terlalu banyak terkena sengatan sinar matahari bisa mengakibatkan pigmentasi kulit. Faktor utama yang memperburuk pigmentasi pada manusia salah satunya adalah sinar ultra violet. Selain itu perubahan hormon selama kehamilan serta efek dari beberapa obat juga bertanggung jawab dalam merusak pigmentasi seseorang. Reaksi pigmentasi pada kulit berupa noda-noda matahari dan bintik-bintik hitam, yang dapat dihilangkan hanya dengan pengobatan laser berkala. Penggunan tabir surya secara teratur tidak dapat menyembuhkan melainkan hanya mengurangi pigmentasi untuk sementara waktu saja.

Kanker kulit

Kanker kulit adalah suatu penyakit ketika sel kanker ditemukan di lapisan luar kulit Anda dan biasanya muncul layaknya pertumbuhan kulit abnormal, pertumbuhannya bisa meluas dalam hitungan minggu atau bulan dengan bentuk, warna dan tekstur permukaaan tidak tentu. Selain faktor genetika, kanker kulit disebabkan juga oleh kerusakan akibat sengatan sinar matahari dan sinar UV.

Kanker kulit dalam penyebarannya memang membutuhkan waktu, misalnya kulit terbakar yang Anda dapatkan minggu ini, mungkin membutuhkan waktu 15 tahun untuk menjadi kanker kulit. Kesimpulannya semakin sering kulit terbakar, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan sel kanker untuk menjadi virus paling berbahaya pada tubuh Anda.

Gunakan lotion tabir surya

Penggunaan tabir surya secara berkala dan dengan takaran yang tepat itu sangat penting dalam meminimalkan perusakan dan mencegah kanker kulit. Perhatikan kandungan SPF saat membeli lotion tabir surya (sunblock), pilih yang kandungan SPF sekurangnya 15 serta yang dapat menangkal radiasi ultraviolet B dan ultraviolet A. Untuk Anda yang sering berada di luar ruangan dan sering berkeringat, pemakaian tabir surya harus diulang setelah dua jam sekali. Meskipun telah rutin memakai lotion tabir surya, bukan berarti Anda dapat dengan bebas berpanas-panas diluar lebih lama, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa radiasi UV yang diproduksi oleh matahari masih tetap berbahaya bahkan di waktu mendung.

Jenis-jenis Sinar Ultraviolet

Sinar UVA. Merupakan sekitar 95 persen dari semua energi ultraviolet. Sinar UVA tidak menyebabkan kulit terbakar, namun dampaknya bisa berlangsung lama.
Sinar UVB. Meninggalkan efek di atas lapisan kulit luar dan diduga sebagai penyebab utama kulit terbakar, penuaan dini dan kanker kulit. Paling banyak intensitasnya di tempat yang tinggi dan di daerah yang semakin dekat garis khatulistiwa. Sinar ini penyebab rusaknya sistim imunitas tubuh.
Sinar UVC. Merupakan sinar yang terkuat dan paling berbahaya. Tapi jangan khawatir, untuk seseorang terkena sinar UVC ini sangat sedikit kemungkinannya. Karena biasanya langsung tersaring lapisan ozon dan tidak mencapai permukaan bumi. Tapi, mengingat makin menipisnya lapisan ini, Anda tentunya harus ekstra hati-hati.

Tips-tips melindungi kulit dari kekuatan matahari:

Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimum 15 atau lebih, plus perlindungan UVA dan UVB.
Jauhi sinar matahari sama sekali jika Anda sedang mengonsumsi obat yang mengandung unsur foto sintesa (keterangan lebih lanjut tanyakan dokter Anda).
Kurangi interaksi langsung kulit dengan matahari di pukul 11 hingga 2 siang.
Beri ekstra perhatian pada bayi Anda dengan memakai topi, kaos berwarna terang, dan kaca mata hitam bila perlu. Bayi harus terlindung dari sinar matahari sepenuhnya karena kulit mereka sensitif.